Wisata Bahari Jadi Primadona Kabupaten Nias

Wisata Bahari Jadi Primadona Kabupaten Nias

INDOPOS.CO.ID – Pariwisata kembali menjadi mesin penggerak ekonomi bangsa Indonesia di setiap daerah. Tidak terkecuali di Kabupaten Nias. Dalam acara HUT (Hari Ulang Tahun) yang ke-174 pada tanggal 4 Desember 2017, pariwisata kembali ditetapkan sebagai penghasil utama kesejahteraan masyarakat yang masuk ke Provinsi Sumatera Utara tersebut.

"Terutama keunggulan kami ada di wisata bahari, kini Hotel di daerah kami sudah semakin penuh, banyak warung makan yang buka karena faktor kedatangan wisatawan. Pariwisata akan menjadi fokus utama kami secara konsisten," ujar Bupati Nias Sokhiatulo Laoli. Dalam acara ulang tahun tersebut, Nias mendapatkan kehormatan disambangi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. Perayaan tersebut juga dihadiri anggota DPR RI Marinus Gea, kepala daerah se-kepulauan Nias, Forkopimda se Kepulauan Nias, dan perwakilan Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti hadir diwakili oleh Kepala Bidang Promosi Pameran Asdep Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Trindiana M. Tikupasang. Bupati Nias mengatakan, hari jadi pemerintah Kabupaten Nias ke 147 merupakan perayaan perdana setelah di tetapkan melalui peraturan daerah tentang hari jadi kabupaten Nias tanggal 4 Desember 1870.

Dalam pelaksanaan Upacara, dilanjutkan acara ramah tamah dan juga penandatanganan prasasti oleh Bupati Nias, pihak Kemenpar, pelepasan balon oleh Menkumham Yasona Laoly, serta pelepasan merpati.

Puncak peringatan hari jadi kabupaten Nias ke 147 Tahun, juga digelar pesta hiburan rakyat yang di laksanakan di kompleks perkantoran pemerintah kabupaten Nias di kecamatan Gido. Asdep Segmen Pasar Personal Kemenpar ikut andil dalam acara puncak karena beberapa dukungannya di acara tersebut.

"Jika memang sudah ditetapkan sebagai Core Business di Nias, maka pemerintah setempat maupun masyarakat di Nias harus bisa melengkapi akses, amenitas dan atraksi yang ada di Nias agar wisatawan nyaman di Nias. Bikin wisatawan ingin selalu kembali lagi ke Nias," ujar Diana di acara puncak. Kendati diguyur Hujan, namun acara puncak yang menghadirkan artis ibukota Seruni Bahar berjalan meriah dan sukses.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Nias melalui dinas Pariwisata Kabupaten Nias menyelengarakan Festival Pesona Bahari Nias 2017 yang dilaksanakan di Pantai Tagaule, Desa Tagaule, Kabupaten Nias, Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Kharisman Halawa mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan Kemenpar yang ikut serta mendukung kesuksesan rentetan acara HUT Kabupaten Nias 2017. "Kehadiran Kemenpar sangat berarti untuk kami di daerah. Karena evenr ini selain untuk memeriahkan HUT Kabupaten Nias, festival Pesona Bahari ini juga sekaligus untuk mengekspor dan mempromosikan tempat wisata yang ada di Kabupaten Nias, terutama wisata bahari,” terang Kadis.

Sementara itu, Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu mengajak masyarakat Nias untuk mendukung perkembangan Pariwisata Kabupaten Nias. “Tahun 2017 ini, tepatnya tanggal 4 Desember 2017 Kabupaten Nias berumur 147 Tahun. Nah, untuk itu melalui festival Pesona Bahari Nias ini Kabupaten Nias bisa terpublikasi di luar Nias. Bisa mengundang wisatawan untuk datang, sekarang saatnya serempak mendukung Pariwisata. Salah satunya dengan cara mengusung kearifan lokal yang ada di Nias di berbagai momentum acara,” tutur Wakil Bupati dalam sambutannya di acara puncak.

Wakil Bupati Nias juga berjanji berkoordinasi dengan semua pihak untuk menggenjot pembangunan infrastruktur sebagai bagian persyaratan mutlak sebuah destinasi pariwisata. "Ini juga akan menjadi perhatian kita ke depan,"katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam berbagai kesempatan selalu konsisten menghimbau maupun mendukung daerah terkait dengan 3A yakni Akses, Amenitas dan Atraksi.   "Dan yang terpenting adalah daerah harus cermat dalam mengelola event, harus konsisten dalam menata kalender event di daerah. Event itu harus berkesinambungan dan konsisten, berkelas dunia, dan juga harus sudah ditetapkan tanggal pelaksanaannya sejak jauh-jauh hari. Contohnya event tahun depan harus sudah ditetapkan, jadi Kementerian Pariwisata bisa bantu mempromosikanya dengan baik,"ujar Menpar Arief Yahya.(lis/ags)

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://nasional.indopos.co.id/read/2017/12/06/119160/Wisata-Bahari-Jadi-Primadona-Kabupaten-Nias

Related Post

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz